Chairman Session, The Importance of Vision: We’re Here to Help You Move Forward

“If you can’t fly then run, if you can’t run then walk, if you can’t walk then crawl, but whatever you do you have to keep moving forward” sebuah kutipan dari Martin Luther King Jr. menjadi kata pembuka pada sesi 6 Kenn’s Talk & Discussion dengan tema: The Importance of Vision: We’re Here to Help You Move Forward yang disampaikan oleh Mirza Whibowo Soenarto selaku Chairman of Kennlines Capital Group. Sesi ini berfokus pada penanaman visi utama perusahaan untuk terus bisa sustain ditengah iklim bisnis dunia yang berkembang seiring dengan pergerakan teknologi yang pesat.

Mirza membuka sesi Kenn’s Talk & Discussion dengan menjelaskan konsep Competitiveness yang harus dimiliki oleh seluruh elemen perusahaan. Konsep ini memberikan gambaran bahwa memiliki urgensi untuk berkompetisi dapat menjaga stabilitas perusahaan untuk terus tumbuh dan berkembang. Dalam hal ini, beliau juga menekankan bahwa memposisikan diri dengan melakukan strategi defensive yang diimbangi oleh strategi offensive penting dilakukan untuk mengantisipasi segala jenis kemungkinan dalam disruption of business.

Ia memberikan studi kasus melalui penggambaran alur cerita serial film Avengers yang menurutnya menyampaikan pesan A Never Ending Story, dimana perjuangan tim Avengers melawan Thanos menjadi kisah yang tidak pernah ada hentinya. Dalam serial The Infinity War digambarkan bahwa tim Avengers harus bisa menerima kekalahan sebagai sebuah strategi utama dalam mengalahkan Thanos. Begitu juga di dunia bisnis, kita tidak perlu untuk selalu berfokus pada winning the business namun juga harus belajar untuk menerima losing the business sehingga kedepannya, bersama-sama kita bisa menetapkan strategi yang lebih matang dan tepat agar bisa bertahan serta tumbuh sebagai satu entitas usaha yang diharapkan.

Selanjutnya, Mirza juga menambahkan studi kasus perusahaan-perusahaan besar seperti Nokia, Motorola, Iphone, Samsung, Coca Cola dan Pepsi yang sudah mengikuti pergerakan iklim bisnis yang dinamis. Perusahaan-perusahaan tersebut masih unggul di segmennya karena berhasil menyesuaikan strategi bisnis berdasarkan pergerakan behavior konsumen yang terus berubah seiiring dengan perkembangan teknologi. Dalam hal ini, Ia menyebutkan kemampuan untuk beradaptasi dan visi perusahaan, memegang peranan penting dalam mempertahankan posisi perusahaan.

Oleh karenanya, Mirza juga kembali mengingatkan kepada segenap karyawan Kennlines Capital Group tentang visi perusahaan yang mengacu pada tiga hal berikut yaitu Dream, Do It dan Destination. Ketiga hal tersebut menjadi arahan penting untuk diterapkan oleh seluruh level perusahaan mulai dari pihak manajemen hingga office support. Persamaan visi yang dipahami secara untuh oleh seluruh lapisan karyawan akan menjadi landasan utama bagi Kennlines Capital Group untuk bisa menjadi perusahaan yang unggul dibidangnya.

Dalam kaitannya menjalankan operasional perusahaan, destination atau tujuan dari perusahaan sangat perlu diperkuat untuk memperkokoh fokus usaha. Tujuan ini pada akhirnya adalah ujung tombak bagaimana Kennlines Capital Group akan dilihat sebagai perusahaan dengan reputasi seperti apa di masa depan. Dalam materinya, Mirza menjelaskan ada empat tujuan perusahaan yang ingin dicapai, yaitu financially independent, respected firm, sustainability of business dan society recognition yang keempat tujuan tersebut kemudian dirumuskan menjadi visi besar Kennlines Capital Group, yaitu: “Menjadi perusahaan investasi dengan reputasi yang baik, tepercaya, handal dan penuh kontribusi melalui kegiatan usaha yang berkesinambungan”.

Selanjutnya, Ia juga memotivasi seluruh karyawan untuk memperkuat solidaritas tim dalam seluruh kegiatan usaha dan senantiasa untuk selalu inspire other, work smart yang akhirnya akan menghasilkan exceptional results. Pentingnya menjaga lingkungan kantor yang nyaman dan atmosfer kekeluargaan menjadi hal yang perlu diutamakan sehingga seluruh kegiatan usaha bisa dijalankan dengan baik.

Sesi Kenn’s Talk & Discussion kali ini ditutup dengan pengenalan Kenn’s Community yaitu Bumi Kennlines yang merupakan komunitas internal dengan fokus kegiatan lingkungan serta Kenn’s Sports yang menjadi komunitas untuk mewadahi aktivitas olah raga di lingkungan Kennlines Capital Group.

Leave a Reply